Tim Pengabdian UPGRIS, dampingi guru MGMP Biologi SMA Kabupaten Brebes dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Beranda
  • Uncategorized
  • Tim Pengabdian UPGRIS, dampingi guru MGMP Biologi SMA Kabupaten Brebes dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kemerdekaan bagi pendidik untuk menentukan pembelajarannya sudah mulai dimplementasikan sejak 2021 oleh semua satuan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan para penerus bangsa. Mulai dari satuan pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD) sampai pada sekolah menengah atas (SMA) sederajat, diupayakan dapat mengimplementasikan program Kurikulum Merdeka tersebut dengan baik.

Universitas PGRI Semarang selalu konsisten untuk mendampingi guru-guru dalam pengembangan profesionalisme. Memandang urgensi implementasi Kurikulum Merdeka, tim pengabdi yang dipelopori oleh Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd. didampinggi para anggota pengabdian yaitu Dr. Nizaruddin, M.Si., Dr. Sumarno, M.Pd., dan Yanuar Hery Murtianto, M.Pd. menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan obyek guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring yang diikuti oleh 40 guru.

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena para pendidik masih merasa kesulitan dalam memahami Implementasi Kurikulum Merdeka. Pelatihan dan bimbingan untuk para guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes terkait IKM juga masih terbatas. Oleh karena itu, tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan para guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes dalam penyusunan perangkat pembelajaran yaitu modul ajar dan modul projek.

“Pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan praktik implementasi Kurikulum Merdeka sangat penting dilakukan kepada para guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes agar pembelajaran tersebut berjalan dengan baik dan tepat. Oleh karena itulah kami dari LPPM Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat ini,” terang Fenny.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berlangsung secara interaktif. Banyak diskusi dan tanya jawab yang dilontarkan kepada pemateri. Peserta yang ikut sangat antusias dan senang sekali mengikuti Pelatihan.

“Kami berbahagia mendapatkan kesempatan mengikuti pendampingan dari Universitas PGRI Semarang dan berharap masih ada pendampingan selanjutnya karena guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes ini sangat bersemangat dalam upaya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),” ucap Ketua MGMP Muhammad Taukhid, M.Si.

“Ucapan terima kasih tak terhingga dari kami para guru MGMP Biologi SMA di Kabupaten Brebes kepada Universitas PGRI Semarang. Memang, ini yang sangat kami perlukan agar kualitas anak didik kami juga semakin unggul nantinya,” ungkapnya.

Ia mengaku jelas dalam memahami kurikulum merdeka. Menurutnya, kurikulum ini sangat bagus karena berpusat pada peserta didik.

“Seperti kita ketahui, perkembangan anak itu berbeda-beda. Oleh karena itu guru lebih harus kreatif dalam menyesuaikan dan menentukan kegiatan yang kontekstual untuk pembelajarannya.

Coaching, Training, Consulting & Mentoring Institute

Pedurungan Kidul, Semarang, Indonesia
082242478952
08:00 - 16.00 WIB